Project Interview-Aditya Gumay(Sutradara)

 

LIST PERTANYAAN

Aditya Gumay

  • Saya : Bagaimana pemahaman IDE menurut mas gumay?
  • Mas gumay : Ide itu sebuah gagasan untuk menciptakan sesuatu, gagasan pun bisa di bagi menjadi 2 : gagasan buruk dan gagasan baik, tinggal bagaimana kitanya yang melakukan gagasan tersebut.
  • Saya : Bagaimana pemahaman arti KONSEP menurut mas gumay?
  • Mas gumay : Arti konsep menurut saya itu kata lain dari ide atau gagasan tapi konsep lebih mempunyai suatu rancangan yang lebih terperinci di banding Cuma sekedar mengomong tentang ide, konsep langkah ke 2 setelah mendapatkan ide dan menjabarkannya menjadi sebuah karya itulah konsep menurut saya. Sturktur untuk mewujudkan ide itu secara lebih terperinci.
  • Saya : Bagaimana cara atau strategi mas untuk mewujudkan IDE dan KONSEP di dalam setiap karya –karya mas?
  •  Mas gumay : Kalau cara saya dalam mewujudkan gagasan atau ide yang pasti di mulai dulu kita melakukan ini untuk apa..? untuk tingkatan kecil seperti di mall atau pun tingkatan besar tergantung dari kapasitasnya. Kalau untuk tingkatan kecil beberapa kali latihan bisa langsung tampil tapi bila tingkatan besar du butuhkan waktu yang lama dalam berlatih, tapi bagi saya pribadi semua itu harus di lakukan secara sungguh-sungguh dan penuh keseriusan.
  • Saya : Bagaimanakah ukuran suatu IDE  dan KONSEP di anggap bernilai baik dan di lihat dari idealism dan bisnis?
  • Mas gumay : Yang bisa berjalan bersamaan artinya film itu secara karya bagus, kontennya bagus, kemasannya bagus,akusisi waktu shooting semua bagus, dan pesan moral yang di sampaikan bagus. Menurut saya yang ideal Laskar Pelangi  dia punya konten bagus,isi moralnya bagus, tentang semangat belajar dan sebagainya lalu secara bisnis dia tinggi juga hingga saat ini belum ada film indonesia yang bisa mengalahkan masukan laskar pelangi yang hampir 5 juta penonton.
  • Saya : Bagaimana pendapat mas gumay tentang dunia IDE dalam industry kreatif(dunia penciptaan) di Indonesia?
  • Mas gumay : Indonesia sekian banyaknya masyarakat saya rasa ti dak kurangnya ide, dari yang paling busuk idenya sampai ide yang cemerlang dan itu pun g kurang-kurang banget ko, tapi karena tekanan waktu bila kita ngejar setoran lama-lama kering ide nya.
  • Saya : Sejak kapan mas gumay berkecimpung dalam bidang perfilman?
  • Mas gumay : Dari SMP kelas satu saya sudah hobby menulis skenario, tapi kalaudi bilang mulai masuk dalam dunia film ya tahun 80an dengan membuat serial tv. Tapi kalau untuk pembuatan film saya mulai dari tahun 2003-2004 hingga sekarang.
  • Saya : Untuk sebuah konsep yang bermutu menurut mas gumay itu di lihat dari apanya?
  • Mas gumay : Konsep yang bermutu dilihat dari kontennya, kontennya itu bermanfaat tidak untuk orang dan menginspirasi tidak buat orang. Setelah masyarakat selesai menonton ada tidak yang mereka dapat? Atau bahkan menjadi sebuah inspirasi untuk penontonya ke arah yang lebih baik bukan yang lebih buruk tentunya. Seberapa mampu karya itu bisa menginspirasi para penikmatnya atau penontonnya.
  • Saya : Apa yang menjadi sebuah landasan penting dalam pembuatan karya ,idea tau konsep kreatif menurut mas gumay?
  • Mas gumay : Dalam hal ini yang di lihat adalah niat dan ide itu sendiri, tanggapan saya seperti ini kita bikin film yang di anggap baik sama film yang di anggap kurang baik (horor/seks asal-asalan)  bagi saya pribadi itu sama-sama keluar uang, sama-sama capek, sama-sama buang waktu tapi hasilnya bisa berbeda, seperti film yang esek-esek atau horor selesai di tonton y udah di buang masuk gudang tapi klo film yang di buat lebih bermutu bisa membawa kita jadi lebih baik bahkan bisa di pandang oleh dunia.
  • Saya : Menurut mas gumay apakah perfilman kita saat ini telah mati suri dan masyarakat lebih tertarik kpd film asing?
  • Mas gumay : Untuk mati suri pada perfilman kita menurut saya tidak juga karena kualitas dari film kita juga tidak kalah bagus dengan film asing dan untuk kuantitas film kita pun udah mendekati angka 100 produksi per tahun dan itu sudah cukup bagus sekali, untuk masyarakat lebih tertarik kepada film asing itu tergantung pada segmentasi penontonya kemana.
  • Saya : Adakah inovasi baru dalam hal tema yang di lakukan perfilman saat ini?
  • Mas gumay : Acuannya kita bisa lihat film “?” (hanung) film itu mengangkat tema pluralisme sesuatu yang dulu di anggap tabu untuk di bicarakan, suatu perbedaan agama,perbedaan etnis,unsur sara dan sebagainya dulu itu tidak boleh di angkat menjadi sebuah cerita karena pasti akan menyinggung banyak orang, dan hanung berani untuk mengangkatnya menjadi sebuah film “?”menurut saya itu menjadi tema baru

KESIMPULAN

 

Dari isi wawancara yang saya dapat simpulkan tentang sebuah konsep dan ide yang sebenarnya kita pun bisa memiliki ide yang kreatif dan menarik untuk khalayak atau di perlihatkan, dan pada dunia perfilman kita saat ini bisa di katakan mati suri tapi bisa juga bisa di katakan tidak mati suri karena jumlah film yang ada dalam satu tahun belakangan ini cukup baik hampir 100 judul lahir dari tangan kreatif anak bangsa, tetapi mati suri di sini di katakan film yang beredar lebih banyak mendominasi film yang tidak bermutu di bandingkan dengan film yang bermutu. Dari hal ini seorang Aditya Gumay pun berbicara tentang keringnya konsep dan ide para kreator muda kita karena banyak yang hanya mencari keuntungan semata atau komersial. Jadi, mari lanjutkan perjuangan untuk menciptakan ide dan konsep yang menarik dan bermutu, tunjukkan kepa bangsa sebuah kreatifitas yang kita punya dan pantas di pandang oleh dunia.

~ by asiarbarief34 on June 23, 2011.

Leave a Reply

 
